User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

gejala sifilis pda pria dan wanita

Sifilis merupakan salah satu infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus. Penyakit sifilis atau yang dikenal sebagai penyakit raja singa, merupakan penyakit yang paling sering terjadi pada penderita infeksi menular seksual. Gejala sifilis pada pria dan wanita umumnya akan terjadi sekitar tiga hingga empat minggu tertular virus.

Sifilis disebabkan oleh bakteri yang bernama treponema Palidum. Bakteri ini dapat menular melalui hubungan seks, dan juga melalui cairan tubuh. Selain berhubungan seks, bakteri sifilis juga dapat menyerang seseorang melalui jarum suntik yang biasa digunakan oleh pengguna obat-obatan terlarang.

Bakteri sifilis juga dapat tertular oleh ibu hamil yang sedang mengandung kepada janinnya. Salah satu komplikasi yang dapat menularkan sifilis pada bayi adalah kematian janin didalam kandungan dapat disebabkan oleh infeksi sifilis.

Tanda-Tanda Sifilis

Sifilis memiliki tanda seperti timbulnya semacam kutil diarea genital, seperti alat kelamin, penis, dan juga bisa tumbuh pada mulut bagi seorang yang pernah melakukan oral seks dengan penderita sifilis. Gejala sifilis terdapat empat tahapan. Dimana setiap tahapan akan menunjukan gejala yang berbeda yang akan dilalui oleh penderita sifilis.

Gejala Sifilis

Banyak penderita sifilis tidak menemukan berbagai gejala ketika mereka tertular penyakit ini. Sehingga mereka tidak melakukan pencegahan dan pengobatan dalam mengatasi sifilis yang sudah tertular pada tubuh mereka. Berikut tahapan gejala yang biasanya muncul pad penderita sifilis.

Tahap Primer

Tahap ini merupakan tahap awal, dimana muncul setelah tiga Minggu hingga tiga bulan setelah tertular penyakit sifilis. Dimana akan muncul semacam lesi atau luka disekitar area genital, anus, dan mulut. Biasanya para penderita mengabaikan kondisi ini. Mereka menganggap, ini merupakan kondisi biasa. Karena luka yang muncul pada si penderita tidak menimbulkan rasa sakit.

Meskipun luka tidak anda obati, luka akan hilang dengan sendirinya. Luka akan hilang setelah dua hingga tiga minggu setelah tertular. Hilangnya luka bukan berarti bakteri penyebab sifilis juga hilang dari tubuh anda. Bakteri tersebut hanya tidak aktif sementara, dan akan kembali aktif.

sifilis

Tahap Sekunder

Apabila pada tahap awal tersebut anda mendiamkan kondisi tersebut dan menganggap hal biasa. Setelah itu luka yang muncul dibeberapa bagian tubuh anda hilang dengan sendirinya. Maka beberapa bulan kemudian, akan muncul semacam luka kutil pada telapak tangan maupun kaki. Luka jenis ini juga muncul disekitar area kelamin.

Inilah yang disebut dengan gejala pada tahap sekunder. Penderita juga akan mengalami kondisi seperti demam, flu, sakit kepala, rasa lelah, kerontokan rambut, dan juga berat badan selalu turun. Kondisi seperti ini akan hilang dengan sendirinya. Namun akan terus berlangsung selama berbulan-bulan, jika tidak diobati dengan baik.

Tahap Laten

Sebagian besar penderita sifilis yang tidak melakukan pengobatan pada tahap primer dan sekunder, maka mereka akan mengalami tahap laten. Dimana tahap tersier ini bakteri tidak akan menimbulkan gejala apapun. Serta tidak akan mengalami infeksi apapun pada tubuh, namun bakteri masih terdapat di dalam tubuh. Jika sifilis sudah memasuki tahapan ini, namun tidak juga ditangani dan mendapatkan pengobatan, maka akan berlanjut kepada tahap laten.

Tahap Tersier

Pada tahap tersier, dapat berlangsung setelah 20-30 tahun usai tertular. Pada tahap tersier ini merupakan tahapan yang cukup berbahaya. Dimana penderitanya akan mengalami kondisi kerusakan organ tubuh penting. Kerusakan dapat terjadi pada hati, jantung, otak, paru-paru, dan dapat mengalami kebutaan pada penderitanya.

Gejala Sifilis Pada Pria

  • Sakit saat buang air kecil
  • Sakit saat berhubungan badan
  • Ada luka pada alat kelamin
  • Mata dan kulit berwarna kuning
  • Sering mudah lelah
  • Keluarnya cairan dari penis

Gejala Sifilis Pada Wanita

  • Muncul pembengkakan pada kelenjar luka bening
  • Nyeri saat kencing
  • Nyeri saat berhubungan seks
  • Mengeluarkan cairan semacam keputihan
  • Keputihan dengan bau yang amis

Gejala sifilis pada wanita dan pria tersebut akan umum timbul pada penderita sifilis. Mereka akan mengalami banyak gejala yang tidak wajar, terutama tumbuhnya kutil di area kelamin. Apabila anda sudah menemukan gejala-gejala yang cukup ganjal pada tubuh anda, segeralah untuk melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya.